KAMU TIDAK TAU MANA URUTAN SATU


 

February, 12 2023

Gue bingung tentang esensi hidup orang-orang di dunia. Semuanya punya esensi yang berbeda-beda, di situlah gue kebingungan. Dari berbagai perbedaan yang mereka punya itu ngebuat gue ngerasa “Seriusan? Yang lu pikirin cuma itu aja?”

Banyak dari orang yang gue kenal selalu ngomongin satu topik yang diomongin secara terus menerus. Kaya seakan-akan mereka hidup cuma mencari itu doang. Seperti cerita dari orang yang gue kenal, sebut saja Shakila. Setiap cerita yang gue dapet, dia selalu ngomongin pacarnya, gue ulangi pacar barunya, gue ulangi lagi pacar barunya lagi dan lagi. Dengan mudah dia dapat pacar baru dan dengan mudah juga dia pindah ke orang baru. Jika mantan-mantannya dikumpulkan di satu kelas dan mereka kentut semua, mungkin kelas itu udah gelap dipenuhi kabut. Seakan-akan nomor satu untuknya adalah berpacaran lalu dia menghabiskan waktunya untuk berpindah-pindah hati. Ini ngebuat gue mikir kek apa gada hal laen di hidupnya padahal banyak yang diurus. Misalnya nih diumur-umur gue sekarang (gue gamau nyebut, pasti dikira tua) punya cita-cita lulus tepat waktu atau kepikiran buat bisnis biar bisa nyicil-nyicil UKT atau lebih sering olahraga biar tiap jalan ke kelas ga langsung ngos-ngosan lalu minta tabung oksigen. Kek apakah punya pacar itu di atas segalanya?

Gak ada yang salah, gue cuma herman aja.

Ketika jaman SMA, dari awal masuk gue selalu bilang “Gue pengen lulus” ketika ada orang yang bertanya soal kenapa gue masuk sekolah itu atau mau ngapain aja gue selama sekolah. Gue pengen lulus, gue artikan sebagai pengen hidup biasa aja selama SMA. Ketika ada tugas ya dikerjain, ketika upacara, ya gue upacara (walaupun sering telat, padahal rumahnya deket), ketika guru ngejelasin, ya gue tidur siang, lalu lulus dengan damai. Prioritas gue adalah gue lulus dengan hidup biasa-biasa aja tanpa mengejar sesuatu yang gimana-gimana. Karena itu kan esensi dari sekolah, lulus. Berarti itu urutan paling pertama yang harus gue lakukan.

Cuman rasanya setelah tiga tahun “bjir, kok hambar ya?”

Apakah selama ini gue menjalani prioritas adalah hal yang salah? Apakah hal yang menurut gue penting itu justru gak penting buat orang lain? Apa ibu kota Vietnam? (ajg, ko ga nyambung?)

Lalu, pertanyaan itu pun muncul. Apa justru gue yang gak tau mana urutan satu gue sendiri?

Setelah perjalanan spiritual selama seminggu sekali untuk mendapat pencerahan, akhirnya gue menemukan apa maksud dari semua ini. Perjalanan spiritual tersebut mengantarkan gue kepada setiap gue selesai solat jumat, pasti bapa gue selalu lupa kalau sendal yang dia pake itu punya gue (Iyah, emang gak nyambung lagi)

Ekhm, kembali serius. Jadi, gini…

Karena rasa manis itu lebih baik daripada rasa hambar. Seperti rasa storberi yang telah Si Tokoh Utama rasain di cerita Olivia, hambar. Maka, mungkin urutan pertama yang harus dilakuin adalah mencari kebahagiaan. Mencari rasa manis sampai bikin pengen lu rasain lagi dan lagi. Tapi bisa disadari kebanyakan manis juga bisa bikin diabetes, kebanyakan ngelakuin sesuatu yang bikin bahagia juga lama-kelamaan, bosen, bakal hambar juga ujung-ujungnya. Kaya gue waktu itu sekolah, ngelakuin rutinitas itu-itu aja sampe akhirnya ngerasain yang namanya tidak berasa walaupun ijazah sekolah ada di tangan gue. Tapi mungkin itu kali ya yang namanya hidup? Perlu ngerasain hambar supaya tau kalau manis itu berharga.  

Kesimpulannya selama happy, ya yaudah. Mau ngapain aja itu terserah, mau suka apa juga engga peduli, hidup lu gimana lu, begitupun dengan gue.  Esensi gue hidup di sini supaya bisa ngelakuin apa yang gue mau dan dan bahagia dari situ. Ngoleksi gundam misalnya, mungkin menurut orang lain gak penting tapi menurut gue ya itu yang bikin gue happy. Dan, perlu disadari rasa hambar itu bakal dateng, dan kalo dateng ya, yaudah ntar juga happy lagi.

Kini, prioritas orang lain gak perlu dibikin pusing, orang lain ya orang lain. Gak ada hubungannya ama gue. Selama mereka masih kenal apa itu manis.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEBELUM TIDUR

a letter for your dad