PERISTALTIK

 


March, 25 2023

Ketika lagi di situasi yang aman, damai, tentram. Lu bisa kemana aja yang lu mau, lu bisa beli apa yang lu pengen, dan lu bisa ngelakuin apa aja yang bisa bikin lu seneng. Terus tiba-tiba semua itu direnggut secara paksa dan gak bisa ngelakuin semua itu lagi, setidaknya untuk saat ini.

Dan lu menyalahkan keadaan, menyalahkan semua orang terdekat lu, menyalahkan Tuhan, bahkan. Terus bertanya-tanya kenapa bisa sampai jadi seperti ini. Padahal itu semua bukan keinginan lu aja, bukan keinginan orang terdekat lu, dan juga bukan keinginan semua orang.

Lu mau nyalahin keadaan pun percuma, karena setiap keluhan yang dikeluarin tetep aja gak ngerubah apa-apa. Semua hal yang lu alami, bumi tetep berputar, tugas masih harus dikerjain, dan dia masih bersamanya. Gak ada yang berubah. 

Lu berusaha ngelakuin aktivitas kaya biasa walaupun rasanya jadi gak kaya biasanya. Mencoba tetep produktif, mencoba tetep ngobrol sama orang, mencoba tetep bersikap kaya biasa. Sambil menunggu hari damai itu dateng lagi, tapi kok gak muncul-muncul.

Lama kelamaan, walaupun tau mengeluh gak ngerubah apa-apa tapi akhirnya pertanyaan ajaib itu pun muncul “Yaelah, begini banget ya idup?” Yang awalnya masih tetep berkegiatan, masih tetep bergerak, masih berusaha untuk tetap mempunyai rasa. Namun, setelah pertanyaan itu terbesit di kepala, lu berhenti untuk ‘hidup’.

Lu bangun dari tidur, terus berdiri lalu melangkah ke cermin yang terpaku di lemari baju. Lu ngeliat wajah sendiri di cermin itu, kok ada yang aneh, tapi apaan ya. Jelek? Masih. Ingusan? Masih. Cengengesan? Juga masih. Ngerasa ada yang janggal aja di bagian bibir, dan itu yang jadi penyebabnya, kenapa lu bisa makin jelek nan suram akhir-akhir ini. Otot yang tidak lagi menarik sudut bibir bagian atas ke tulang pipi.

:[

Lalu selanjutnya di malam itu.  Entah kekuatan super apa yang emak lu punya. Kekuatan super yang hanya dimiliki selain berhasil menemukan barang yang hilang, padahal udah lu cari selama dua jam. Kekuatan super yang hanya dimiliki selain menjadi raja pengguna motor di jalan raya. Kekuatan super itu adalah bisa menyadari kondisi anaknya sendiri. Padahal ngobrol aja jarang, ketemu cuma pas malem doang, tapi kok bisa sadar tingkah laku anaknya ada yang beda? Dalam sebuah percakapan, belio cuma bilang “Sabar…” wkwk, udah. 

Satu kata itu yang bisa ngerubah emosi 180 derajat.

Kampret, bisa begitu ya.

Energi positif itu pun dateng lagi.  Perlahan-lahan lu bisa ngelakuin aktivitas kek biasa, mencoba sedikit demi sedikit ngembaliin gerakan otot bibir itu.

Bicara soal gerakan otot, pada akhirnya lu sadar kalau ada satu gerakan otot yang terlewat. Gerakan otot yang menjadi kiasan apa yang sedang terjadi selama ini. Gerakan itu dinamakan peristaltik. Menurut halodoc gerak peristaltik adalah jenis gerakan otot tak sadar yang sering terjadi di sistem pencernaan. Gerakan yang dimulai ketika menelan dan mendorong makanan dan cairan ke seluruh saluran pencernaan.

Yeup, semua yang terjadi yang bisa dilakuin selain mengeluh adalah gerakan menelan. Menelan semua masalah yang ada sampai akhirnya bisa lu terima. Oh, memang seharusnya seperti ini, memang seharusnya diterima saluran pencernaan. Bukan dimuntahin dan menyangkal segala keadaan.

Setelah bisa nerima keadaan dan bumi tetep berputer kek biasa, tugas tetep dikumpulin, dan dia masih tetap bersamanya. Tapi, lu tidak lagi menyalahkan orang, tidak lagi mengeluh soal keadaan, dan meng-yaudah-kan semuanya.

It is what it is.

Apapun yang terjadi, terjadilah.

Walaupun ada di keadaan yang bangke banget, lu masih tetap jadi diri sendiri dan meng-yaudah-kan semuanya. Lalu, perlahan lu liat wajah lu di cermin lagi, gerakan otot bibir pun bisa dilakukan. lu bisa tersenyum lagi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEBELUM TIDUR

a letter for your dad

KAMU TIDAK TAU MANA URUTAN SATU